Sejarah dan Perkembangan Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah

Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah berdiri sejak 10 November 1999 yang bertepatan dengan Hari Pahlawan yang ke-54. Madrasah Diniyah ini didirikan oleh Ustadz M. Imam Ghozali beserta istri tercinta beliau yaitu Ustadzah Qurrotul ‘Aini di Ds. Sumberjati Ds. Sawo Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto yang merupakan tempat kelahiran dari Ustadzah Qurrotul ‘Aini.
Madrasah Diniyah ada yang diselenggarakan di dalam maupun di luar lingkungan Pondok Pesantren. Akan tetapi, Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah merupakan suatu lembaga keagamaan yang didirikan di luar Pondok Pesantren, lebih tepatnya berdiri sendiri atau tanpa adanya keterikatan dari Pondok Pesantren. Jadi sistem pengajarannya lebih luas. Meskipun begitu Madrasah Diniyah Qutrotul Hikmah ini dirancang serupa dengan Madrasah Diniyah yang ada di Pondok Pesantren. Sehingga diharapkan setelah lulus dari Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah para santri bisa menjadi santri yang unggul serta mampu mengamalkan ‘ilmunya dalam kehidupan bermasyarakat, agama, nusa dan bangsa.
Awal didirikannya Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah ini, bangunannya cukup sederhana yaitu terbuat dari bambu dan santrinya pun tidak begitu banyak yaitu sekitar sepuluh santri. Akan tetapi, dengan minimnya santri Ustadz M. Imam Ghozali beserta istri tercinta beliau bisa memaksimalkan dalam mendidik para santri sehingga tidak heran jika alumni Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah mempunyai talenta yang unggul yang tidak kalah unggulnya dengan Madrasah Diniyah yang ada di Pondok Pesantren. Hal ini terbukti dengan adanya alumni-alumni yang mampu mengembangkan ilmunya secara langsung dalam masyarakat dan tidak jarang para alumni yang bisa melanjutkan pendidikan formalnya yang dari SMA / SMK ke Perguruan Tinggi Negeri favorit di Indonesia. Karena di Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah ini, tidak hanya pendidikan agamanya saja yang ditekankan, akan tetapi pendidikan formalnyapun tetap diutamakan dengan adanya belajar kelompok setiap selesainya belajar ilmu agama dan juga ditunjang dengan pembelajaran ilmu-ilmu yang lain. Serta tidak ketinggalan bahwasanya pendiri serta pendidik Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah yaitu Ustadz M. Imam Ghozali adalah salah satu ustadz yang termashur di Mojokerto dan beliau merupakan sosok ustadz yang sulit ditemui di zaman yang modern seperti ini karena keilmuan beliau, serta istri beliau yaitu Ustadzah Qurrotul ‘Aini yang lebih dikenal kenal nama kecil beliau yaitu “mbak In” adalah seorang Qori’ Mojokerto yang mempunyai suara yang khas dan kemampuan seni baca Al-Qur’an yang baik. Hal inilah yang membuat Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah tetap ada sampai sekarang dan selalu melahirkan alumni-alumni yang unggul beserta prestasi-prestasinya sehingga Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah menjadi pilihan para orang tua bagi anak-anak mereka untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas khususnya ilmu agama.
Seiring berjalannya waktu, santri Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah semakin bertambah dan jumlahnyapun sudah mencapai ratusan, serta tenaga pendidiknyapun semakin bertambah. Dengan bertambahnya jumlah santri dan terdapat perbedaan umur yang berfariasi antar santri maka di akhir tahun 2008 diresmikan TPQ di bawah naungan nama besar Quthrotul Hikmah. Sebenarnya beberapa tahun sebelum diresmikannya TPQ, Madrasah Diniyah Quthrotul Hikmah sudah dibagi menjadi dua yaitu yang berusia 12 tahun kebawah waktu belajarnya di sore hari, sedangkan santri yang berusia 12 tahun keatas di waktu malam dan pagi hari. Tidak hanya dari segi pendidikan yang semakin berkembang akan tetapi bangunan yang dulunya berupa bambu, sejak 08 November 2008 sudah berupa bangunan batu batu yang indah nan kokoh beserta fasilitas-fasulitas yang cukup memadahi. Itu semua merupakan usaha yang cukup baik antara pendidik, santri, orang tua santri, masyarakat, serta pemerintah demi terwujudnya suatu pendidikan khususnya pendidikan dalam bidang agama yang mempunyai mutu yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: